Suhu yang dihasilkan pada
silinder motor bakar oleh sistem penyalaan dapat mencapai 1200 oC. Torak dan silinder terbuat dari logam. Jika panas
cukup tinggi, maka kekuatan logam berkurang, bahkan bisa meleleh. Utulah sebabnya diperlukan sistem pendinginan
pada motor bakar. Pendinginan sebenarnya
merugikan, sebab mengurangi rendemen panas.
Namun demikian, pendinginan harus ada, agar motor tidak rusak. Pendinginan juga berguna untuk mencegah agar
minyak pelumas pada motor bakar tidak terbakar.
Sistem pendinginan dipasang pada sepanjang selah torak pada silinder motor
bakar.
Tujuan sistem pendingin adalah
untuk mencegah suhu yang sangat tinggi (yang dihasilkan pada proses pembakaran
pada silinder), karena suhu yang sangat tinggi tersebut dapat merusak bagian –
bagian dinding silinder, torak, katup, dan bagian motor lainnya, serta mencegah
kerusakan oli pelumas yang melumasi bagian bagian tersebut.
Klasifikasi sistem pendinginan
pada motor bakar (Hardjosentono et al.,
2000) adalah : (a) sistem pendinginan
dengan udara, dan (b) sistem pendinginan
dengan air.
Pada
pendinginan udara, udara pada motor, terutama dialirkan ke bagian kepala
silinder dan silinder blok. Udara
dihembuskan dari kipas angin atau dapat juga dari laju gerak motor, yaitu pada
sepeda motor. Untuk memperluas
permukaannnya, kepala silinder di daerah silinder blok dibuat bersirip. Tutup motor yang terbuat dari kaleng / plat
berguna untuk keindahan dan penahan debu, serta untuk mengarahkan udara
pendingin (Hardjosentono et al., 2000).
Sistem pendinginan air ada
tiga macam yaitu (Hardjosentono et al., 2000):
sistem
hopper
Bak air (tangki air) berhubungan dengan ruang,
yang disebut ”mantel air”, yang ada di sekeliling kepala silinder dan silinder
liner. Pada sistem hopper terdapat
pelampung penunjuk air. Pelampung ini
naik bila air di hopper penuh, dan turun jika air berkurang karena
penguapan. Cara pendinginannya
berdasarkan aliran konveksi air, yaitu air di sekitar kepala silinder dan
dinding silinder menjadi panas, sehingga berat jenisnya turun, air lalu naik
dan didinginkan di hopper. Sebaliknya, air yang lebih dingin akan turun ke mantel air.
sistem
radiator
Pada sistem ini, air
didinginkan dengan kipas angin. Untuk
mempercepat pendinginan, air dilewatkan melalui pipa – pipa air dengan kisi – kisi dari plat tembaga, yang apabila
dilihat dari luar tampak seperti bentuk sarang tawon, yang biasa disebut
kondensor (dapat dilihat pada Gambar 2).
Alat tersebut biasanya dilengkapi dengan pompa air untuk memperlancar
aliran air dari ”radiator” ke mantel air, dan berputar ke radiator kembali.
sistem dengan tambahan perlengkapan
”thermosyphon”
Pada motor stationer (misalnya rice mill dan huller), biasanya pompa airnya ditambah lagi perlengkapannya dengan
tangki air yang disebut thermosyphon
Pada pendinginan dengan udara, maka
permukaan silinder perlu diperluas dengan sirip – sirip pendingin. Dengan
adanya sirip pendingin, maka panas didistribusikan pada luasan yang lebih
besar, agar mudah terjadi pendinginan.
Makin banyak udara yang berhubungan dengan silinder tiap satuan waktu,
maka proses pendinginan akan lebih baik.
Untuk kendaraan yang berjalan cepat,
pergantian udara akan berlangsung dengan cepat pula. Tiap – tiap kali ada penggantian udara baru
yang mempunyai kemampuan untuk mendinginkan silinder.
Kerugian pendinginan dengan air : (a) bila suhu engine dingin, maka air tersebut membeku, volumenya mengembang
(sifat anomali air) sehingga bisa merusakkan silinder, (b) air harus selalu
ditambahkan sebelum air tersebut habis.
Jadi, perlu perhatian khusus.
Cara pendinginan dengan air ada tiga,
yaitu : (a) pendinginan dengan penguapan, (b) pendinginan dengan thermosyphon,
dan (c) pendinginan dengan peredaran paksa.
Pendinginan
dengan Penguapan
Pendinginan dengan penguapan dapat dilihat
pada Gambar 5. Karena ada panas, maka
air menguap. Air tersebut berfungsi
untuk memindahkan atau mengurangi panas yang terjadi pada silinder motor
bakar. Pendinginan pada Gambar 5
tersebut bukanlah cara pendinginan yang paling baik. Pendinginan pada Gambar 5 perlu mendapat
perhatian yang sungguh – sungguh, bila air habis menguap maka perlu penambahan
air. Maksudnya, perlu dijaga agar tidak terjadi kehabisan air. Jadi cara tersebut kurang praktis.
Pendinginan
dengan Thermosyphon
Pendinginan
dengan thermosyphon seperti pada Gambar 6.
Pada tempat yang suhunya tinggi (dekat dengan silinder), massa jenis air
menurun, sehingga terjadi aliran air ke arah atas., dan ruangan tersebut akan
digantikan dengan air yang telah bersuhu relatif dingin, yaitu di bagian atas,
maka terjadi sirkulasi air, sambil medmbawa panas, dan dibuang ke udara.
Pendinginan
dengan Peredaran Paksa
Pendinginan dengan peredaran paksa,
maksudnya adalah dengan menggunakan pompa, seperti yang disajikan pada Gambar
7. Radiator termasuk kelompok
pendinginan dengan peredaran paksa.
Pada pendinginan motor bakar menggunakan
radiator, poros pompa menjadi satu
dengan poros ventilator. Pada radiator
tersebut terdapat sirip – sirip yang memperluas permukaan pipa radiator. Dalam hal ini, udara mendinginkan air, dan
air mendinginkan dinding silinder. Pompa
yang diaplikasikan pada radiator adalah pompa sentrifugal (berputar), yang
diputar oleh poros engkol. Ventilator
bekerja menghisap udara, dan mendinginkan air pada radiator. Pompa berfungsi untuk mempercepat peredaran
air di radiator atau peredaran paksa.
DAFTAR PUSTAKA
Badan
Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian (BPLPP). 1983. Mekanisasi
Pertanian. Kerjasama dengan
Japan International Cooperation Agency (JICA).
Jakarta.
Hardjosentono, M., Wijanto,
E. Rachlan, I. W. Badra, dan R. D. Tarmana.
2000. Mesin – Mesin Pertanian. Cetakan ketiga belas. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Soenjoto S.
1985. Hand Out Daya Dalam Bidang Pertanian II. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Do you realize there is a 12 word phrase you can speak to your crush... that will trigger intense emotions of love and impulsive appeal to you deep inside his chest?
BalasHapusThat's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, please and look after you with his entire heart...
12 Words Will Fuel A Man's Desire Response
This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will make him try harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.
As a matter of fact, triggering this dominant impulse is so essential to achieving the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...
...You will immediately notice him expose his heart and mind for you in a way he haven't expressed before and he'll perceive you as the only woman in the universe who has ever truly attracted him.