Senin, 27 Agustus 2012

Teknik Pertanian


PENTINGNYA BIDANG ILMU TEKNIK PERTANIAN DALAM MENDUKUNG AGROINDUSTRI




BAB I

PENDAHULUAN

1.Latar belakang
Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah memerlukan pengelolaan yang cermat dan profesional. Sumber daya alam Indonesia belum banyak memberikan kontribusi bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Bahan baku pertanian baik yang berupa hasil pertanian sendiri, hasil perikanan dan perkebunan merupakan modal besar untuk mengembangkan negara ini menjadi negara yang memiliki kekuatan untuk berkompetisi di perdagangan global. Berdasarkan data, ternyata produk pertanian memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian negara, sehingga sangatlah tepat pengembangan agroindustri modern dan profesional di Indonesia saat ini.
2.Tujuan
            Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk meningkatkan pemahan dan wawasan penulis maupun pembaca tentang pentingnya teknik pertanian dalam mendukung agroindustri dan pentingnya upaya untuk meningkatkan agroindustri di Indonesia yang merupakan negara agraris.


BABII
PEMBAHASAN
Agroindustri adalah suatu kegiatan yang mengolah bahan yang dihasilkan dari usaha pertanian dalam arti luas, baik dari pertanian tanaman pangan, maupun non pangan, peternakan ataupun perikanan. Agroindustri merupakan industrialisasi di bidang pertanian dalam rangka peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian. Agroindustri merupakan solusi penting untuk menjembatani keinginan konsumen dan karakteristik produk pertanian yang variatif dan tidak bisa disimpan.
Pada tahun 1964 sampai 1967 telah diadakan tiga kali lokakarya tingkat lokal dan nasional tentang Agroindustri dan secara umum diperoleh konsensus lingkup kegiatan agroindustri yang mencakup :
a. kegiatan menangani dan mengolah hasil/komoditas pertanian,
b.kegiatan merancang peralatan/sarana/proses penanganan dan pengolahan,
c. kegiatan jasa terkait kedua butir (a) dan (b) tersebut.

Ruang lingkup utama dari kegiatan agroindustri adalah terletak pada poin a dan poin b. Pada poin a (kegiatan menangani dan mengolah hasil/komoditi pertanian) itu dipelajari dalam bidang ilmu Teknologi Hasil Pertanian, sedangkan pada poin b (kegiatan merancang peralatan/sarana/proses penanganan dan pengolahan) itu di pelajari dalam bidang ilmu Teknik Pertanian.
Kedua bidang ilmu di atas sangat penting dalam upaya pengembangan agroindustri. Kemajua agroindustri tentunya tergantung pada kemjuan kedua bidang ilmu tesebut.
Indonesia merupakan negara agraris. Tentunya upaya untuk meningkatkan hasil agroindustri sangatlah penting, untuk meningkatkan dan menunjang kemajuan  perekonomian bangsa yang saat ini tengah carut marut.  Kemajuan agroindustri ditentukan pula oleh kemajuan dua bidang ilmu yang menjadi penunjang utama dalam kegiatan agroindustri tersebut.
.Peranan bidang ilmu teknik pertanian dalam upaya meningkatkan hasil agroindustri seterusnya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia sangatlah penting.
Bidang ilmu Teknik Pertanian memiliki keunikan karena memadukan ilmu keteknikan atau engineering sekaligus pertanian. Dengan berdasarkan ilmu keteknikan ini kita dapat melakukan perencanaan, merancang, membangun dan mengelola suatu alat dan mesin, bangunan, sistem pengairan dan konservasi tanah-air, proses pengolahan, dan sistem di bidang pertanian
Dalam kegiatan belajar kita dapat mempelajari pengetahuan dan keterampilan dasar dan aplikasi ilmu pengetahuan dalam bidang teknik pertanian baik yang menyangkut kegiatan pra-panen dan pascapanen dalam perancangan mesin dan peralatan maupun prosesnya untuk menunjang pembangunan agroindustri. Diharapkan dengan apa yang dipelajari, kita akan memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan / perancangan, manufakturing, pengelolaan, evaluasi kelayakan, dan supervisi dalam kegiatan keteknikan pertanian. Contohnya mampu merancang dan membuat: alat dan mesin, bangunan, sistem pengairan dan konservasi tanah-air, proses pengolahan, dan sistem di bidang pertanian, mampu mengelola alat dan mesin, sumberdaya alam, energi, dan sistem pertanian, dan mengendalikan proses pengolahan hasil pertanian dan lingkungan, mampu melakukan evaluasi kelayakan penggunaan alat dan mesin pertanian, bangunan pertanian, sistem pengairan, dan proses pengolahan, serta mampu merancang, melaksanakan, mengelola dan melakukan supervisi kegiatan keteknikan pertanian. Sehingga dengan ini diharapkan agroindistri dapat memperoleh hasil yang lebih baik.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Bidang ilmu teknik pertanian merupakan  bidang ilmu yang sangat penting dalam meningkatkan dan mendukung agaroindustri.  Teknik pertanian merupakan salah satu ruang lingkup dari agroindustri yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan dan mendukung hasil agroindustri.



DAFTAR PUSTAKA

Brown, R.H. (ed). (1988). CRC handbook of engineering in agriculture. Boca Raton, FL.: CRC Press.
Hills, David. (2004). Agricultural engineering. dalam The Engineering Handbook (2nd ed). CRC Press.
Stewart, Robert E. (1979). Seven decades that changed America: a history of the American Society of Agricultural Engineers, 1907-1977. St. Joseph, Mich.: ASAE.

2 komentar:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    Plus, getting it running is as easy as 1...2...3!

    Here are the steps to make it work...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all on it's own!

    So, do you want to start making profits??

    Check it out here

    BalasHapus
  2. As claimed by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years more and weigh an average of 19 KG lighter than we do.

    (And really, it is not about genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING about "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", and not "what"...

    CLICK on this link to uncover if this quick quiz can help you discover your real weight loss potential

    BalasHapus