Selasa, 14 Agustus 2012

Sistem Transmisi Tractor


Perputaran poros engkol digunakan untuk (1)memutar  PTO, (2) penarikan, yaitu memutar roda belakang, ini yang paling banyak diaplikasikan pada traktor, (3)transmisi daya dengan sabuk (belt) - pulley, dan (4) sistem pengendalian hidraulik.  Pada sistem pengendalian hidraulik, didapati pada kondisi poros engkol yang digunakan untuk memutar pompa, menggerakkan penghisap minyak hidraulik, yang bisa dipakai untuk pengangkatan, misalnya pengangkatan implement.
Urutan transmisi daya, dimulai dari poros engkol, kemudian kopling, poros transmisi, versnelling, differensial, putaran poros roda belakang, diteruskan ke putaran roda belakang.  Kopling berguna untuk menghubungkan poros engkol dengan poros transmisi (yaitu poros yang menuju ke bak versnelling).  Pada ujung poros engkol terdapat roda gila (fly wheel).  Jadi, urutannya : poros engkol – roda gila (fly wheel) – poros kopling – poros transmisi ( ke bak versnelling).
Pada saat kaki operator traktor tidak menginjak kopling : (a) poros kopling menjadi satu dengan poros engkol.  Pada saat kopling tersebut dilepas, maka yang berputar adalah roda gila (fly wheel), rumah kopling, plat kopling, dan poros kopling.
Pada saat kaki operator menginjak kopling, maka : plat  kopling tidak berputar, rumah differential berputar, dan penekan plat berputar.  Poros kopling hanya berputar bila plat kopling berputar, terjadi saat ada pergeseran dengan roda gila (fly wheel).
Kata ”versnelling” artinya percepatan, walaupun sebenarnya yang terjadi adalah perlambatan.  Guna versnelling adalah untuk menyesuaikan kecepatan dengan gaya penarikan.  Hal ini berpijak pada prinsip bahwa daya (power) adalah tetap, maka kecepatan harus disesuaikan dengan beban.  Jika traktor naik pada tanjakan, maka gaya lebih besar, maka kecepatan harus diperkecil. 
Differensial berguna untuk memutar poros yang tegak lurus.  Dalam hal ini, poros yang tegak lurus tersebut adalah poros roda belakang.  Differensial berguna pada sat traktor belok (misalnya ke arah kiri), maka terjadi perlambatan putaran poros pada roda dalam (yaitu roda kiri), dijadikan percepatan pada roda luar (roda kanan). 
Poros dari bak versnelling berhubungan dengan roda gigi kerona.  Pasangan roda gigi kerona tersebut adalah roda gigi pinion.
Pada saat traktor berjalan lurus, poros versnelling berputar, maka roda gigi kerona ikut berputar.  Dengan berputarnya roda gigi kerona, maka rumah differensial ikut berputar.  Roda satelit berputar bersama – sama dengan rumah differensial.  Roda gigi satelit memutar roda planet, dengan demikian maka poros roda belakang (kanan dan kiri) berputar bersama- sama.
Pada waktu traktor belok ke arah kiri, maka terjadi pergeseran,  poros roda belakang sebelah kiri berputar lebih lambat.  Roda gigi planet kiri berputar lambat.  Roda gigi satelit akan berputar, selain bersama – sama dengan rumah differensial, juga berputar pada poros.  Hal ini mengakibatkan roda planet kanan akan berputar cepat.  Jadi ada percepatan putaran roda sebelah kanan.  



Sumber Referensi 

Soenjoto S. 1985.  Hand Out  Daya Dalam Bidang Pertanian II.  Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

1 komentar:

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can tell your man... that will trigger deep emotions of love and instinctual attractiveness for you buried within his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, adore and care for you with his entire heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him try better than ever before to to be the best lover he can be.

    Matter of fact, triggering this powerful impulse is so essential to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him open his heart and mind to you in such a way he's never experienced before and he will distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly tempted him.

    BalasHapus