Rabu, 29 Agustus 2012

Sifat Produk Pertanian

 Sifat Produk Pertanian
Sifat Produk Pertanian
 
Kenapa harus mempelajari sifat produk dari bahan pertanian ini ??? jawabannya adalah karena untuk merancang suatu bangun dan mesin pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.

Untuk memahami sifat produk pertanian lebih lanjut maka kita harus mengetahui tentang bentuk dan ukuran. Disain dan kinerja beberapa tipe mesin pertanian (misal, ayakan, mesin penabur, dll) sangat berkaitan dengan bentuk dan ukuran obyeknya. Kalau kita tidak memahaminya maka kita akan kesulitan dalam mendesain alat alat pertanian tersebut. Nah keunikan dari bentuk dan ukuran ini diantaranya Ukuran bahan-bahan pertanian tidak seragam, melainkan tersebar disekitar nilai reratanya. Dengan demikian, sangatlah penting untuk menyatakan distribusi dari suatu ukuran disamping reratanya. Kualitas prosesing suatu bahan (misal, pencacahan dan penggilingan) ditentukan oleh rerata ukuran dan standar deviasi σ dari pruduk hasil proses.
Standar untuk menentukan bentuk dan ukuran pertanian asa beberapa cara yaitu : kebulatan (roundness), rasio kebulatan (roundness ratio), kebundaran (sphericity), rasio aksial (axial ratio), derajat ketidaksamaan (degree of inequality), dll.

kebulatan=Fm/Fc

dimana Fm adalah luasan proyeksi terbesar dari obyek, dan Fc lingkaran luar yang membatasi luasan obyek. Berdasarkan definisi lainnya,

kebulatan rerata = ∑r/nR

dimana r adalah jari-jari lengkungan, R jari-jari lingkaran dalam dari obyek, dan n adalah jumlah sudut.

. Definisi kebulatan dan kebundaran

Rasio kebulatan, juga diilustrasikan pada Gb. 4, adalah rasio dari jadi-jadi pada sudut terkecil terhadap rata-rata jara-jari obyek. Rasio aksial, dari sudut pandang teknologi proses, adalah perbandingan antara sumbu terpendek dengan sumbu terpanjang obyek.

Kebundaran dapat kita nyatakan dengan persamaan :

kebundaran=di/dc

dimana di adalah diameter bundaran yang volumenya identik dengan volume obyek, dan dc adalah diameter lingkaran yang melingkupi bundaran.

Luas permukaan
Luas permukaan dari bahan produk pertania juga sangat penting dalam peran teknologi  proses pertanian.  Misalnya dapat kita ambil contoh  Luas permukaan daun menentukan kapasitasnya untuk melakukan fotosintesis dan laju pertumbuhannya, dan berperan penting dalam menentukan hubungan tanaman-tanah-air . Luas permukaan biji-bijian dan buah-buahan juga sangat penting dalam tes-tes tertentu, misalnya dalam pengukuran respirasi, dalam penentuan warna dan pemantulan cahaya, dalam fenomena transfer panas, dll. Dalam perkembangan terakhir luas permukaan bahan, disamping warna, juga sangat menentukan dalam pengembangan image-sensor unatuk keperluan otomatisasi dan robotisasi mesin-mesin pertanian. Hal ini yang sangat perlu kita perhatikan karena hal kecil semacam ini bisa berakibat vatal bila tidak di perhatikan.
Luas permukaan untuk buah-buahan dapat ditentukan dengan pengukuran yang  langsung, dengan perhitungan, atau dari plot-plot yang berdasarkan pengukuran dimensi linier (beberapa diameter), dalam dimensi kuadrat (beberapa beberapa penampang melintang), atau berdasarkan berat. Pengukuran langsung dapat dilakukan dengan menguliti kulit buah dan menjumlahkan luas-luas individual sayatan. Cara ini relatif lambat, dan disarankan hanya untuk perbandingan.

Volume dan kepadatan

Volume dan kepadatan (density) berbagai produk pertanian berperan sangat penting dalam berbagai teknologi proses dan dalam evaluasi kualitas produk. Untuk mengukur volume dapat kita lakukan dengan cara yang simple
Pertama-tama berat buah diukur (diudara), kemudian ditenggelamkan dalam air, dan berat air yang terpindahkan diukur. 




 Sifat Produk Pertanian
Sifat Produk Pertanian

1 komentar:

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can speak to your crush... that will trigger intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, idolize and care for you with all his heart...

    =====> 12 Words That Fuel A Man's Love Impulse

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to work harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    In fact, fueling this all-powerful instinct is absolutely essential to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly notice him expose his soul and heart to you in a way he haven't expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    BalasHapus