Senin, 27 Agustus 2012

Cropwat


CROPWAT  CROPWAT CROPWAT
Diseluruh dunia ini telah tersedia beribu- ribu jenis perangkat lunak komputer dalam bidang teknik dan air yang telah disusun oleh berbagai lembaga untuk bermacam – macam keperluan. Penyusunan perangkat lunak dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan terutama yang berkaitan dengan perencanaan dan perhitungan – perhitungan yang rumit, memerlukan iterasi atau presisi yang tinggi.
Perangkat lunak disusun berdasarkan suatu teori atau model tertentu sehingga penggunaannya juga harus menguasai teori atau model tersebut sebelum mengoperasikannya. Disamping itu, pengguna juga harus mengetahui cara pengoperasian dan data yang diperlukan serta kelebihan dan kelemahan perangkat lunak yang bersangkutan. Kesalahan dalam hal – hal tersebut akan berakibat kesalahan keluaran (output).
Salah satu perangkat lunak dalam bidang irigasi adalah CROPWAT yang disusun oleh FAO. CROPWAT dapat dipergunakan untuk menghitung evapotranspirasi potensial, evapotranspirasi aktual, kebutuhan air irigasi satu jenis tanaman maupun beberapa jenis tanaman dalam satu hamparan, serta merencanakan pemberian air irigasi. Data yang diperlukan untuk mengoperasikan CROPWAT adalah data klimatologi bulanan (temperature maksimum – minimum atau rata – rata, penyinaran matahari, kelembaban, kecepatan angin, dan curah hujan). Data tanaman tersedia dalam program secara terbatas dan dapat ditambahkan atau dimodifikasikan sesuai dengan kondisi setempat.
Pada praktikum ini digunakan perangkat lunak CROPWAT 4 for WINDOWS yang menggunakan persamaan yang sama dengan CROPWAT 7 versi DOS. Menu file dan Input Data digunakan untuk memasukkan data. Menu Schedule digunakan untuk mengatur penjadwalan irigasi. Menu Tables dan Graphs digunakan untuk menyajikan hasil perhitungan. Program ini juga dilengkapi dengan menu Save Report untuk menyimpan file dalam bentuk ASCII. Untuk mengolah data yang telah dimasukkan tersedia Data Status Windows yang merupakan suatu tabel ringkasan data yang sedang digunakan yang juga menunjukkan apakah data sudah cukup bila akan melanjutkan perhitungan kebutuhan air tanaman atau penjadwalan irigasi.
Pada praktikum ini digunakan perangkat lunak CROPWAT 4 for WINDOW yang menggunakan persamaan yang sama dengan CROPWAT versi 7 versi DOS. Menu yang terdapat pada  CROPWAT 4 for WINDOW adalah:
Menu File dan InputData digunakan untuk memasukkan data. Menu Schedule digunakan untuk mengatur penjadwalan irigasi. Menu Tables dan Graphs digunakan untuk menyajikan hasil perhitungan. Program ini juga dilengkapi dengan menu SaveReport untuk menyimpan file dalam bentuk ASCII.
Untuk mengelola data yang telah dimasukkan tersedia Data Status Window yang merupakan suatu tabel ringkasan data yang sedang digunakan yang juga menunjukkan apakah data sudah cukup bila akan melanjutkan perhitungan kebutuhan air tanaman atau  penjadwalan irigasi.  

CROPWAT   CROPWAT CROPWAT

1 komentar: