Rabu, 29 Agustus 2012

Sifat Optik Produk Pertanian


SIFAT OPTIK PRODUK PERTANIAN
SIFAT OPTIK PRODUK PERTANIAN
Sifat optik pada produk pertanian mencakup pada penampakan atau warna pada produk tersebut. Sifat optik juga berperan penting dalam perancangan alat dan mesin pertanian, contohnya pada perancangan mesin untuk penggredingan  pada buah tertentu berdasarkan kematangan buah tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan dari buah dapat di tindai kematanganya dilihat dari warna buah tersebut (optik).
Klasifikasi buah-buahan dan sayuran berdasarkan warna saat ini telah berkembang secara luas. Disamping warna, sifat optik lain seperti sifat penerusan (transmittance) dan sifat pemantulan (reflectance) cahaya juga penting untuk evaluasi kuantitatif berbagai sifat bahan. Dengan perubahan warna, kemampuan penerusan dan pemantulan dari produk juga berubah.
Seperti telah diketahui, variasi warna adalah bentuk variasi panjang gelombang radiasi elektromagnetik. Suatu bahan akan menyerap atau memantulkan sinar cahaya berbagai panjang gelombang secara berbeda-beda, tergantung warnanya. Dengan demikian pengukuran-pengukuran dapat dilakukan menggunakan cahaya tunggal (monochromatic) berbagai panjang gelombang (spectrophotometry).
Oleh karena itulah pengenalan sifat optik dari produk pertanian ini juga tidak kalah penting dengan sifat produk pertanian lainnya. Selain dari bentuk dan ukuran, dalam perancangan alat dan mesin pertaian juga membutuhkan karakter  warna atau penampakan  dari sifat produk pertanian tersebuit yang biasa disebut dengan sifat optik produk pertanian.
Spektrum cahaya nyata (visible light) pada umumnya dibagi dalam delapan interval, berdasarkan karakteristik warnanya. Panjang gelombang berdasarkan interval ini ditunjukkan pada Tabel .
Panjang gelombang (mμ)
Warna
380-450
jingga
450-480
Biru langit
480-510
Biru
510-550
hijau

Panjang gelombang (mμ)
Warna
550-575
Kuning-hijau
575-585
Kuning
585-620
Oranye
620-760
Merah

Berbagai warna tersusun atas tiga warna dasarnya, merah, kuning dan biru. Dengan demikian, untuk mengetahui karakteristik suatu warna cukup dengan mengetahui komposisi relatif dari warna-warna dasar tersebut:   Warna = x’X+y’Y+z’Z. Dimana  : X, Y, Z adalah warna-warna dasar, x’, y’, z’ koordinat warna yang menyatakan proporsi warna dasar individual.
Salah satu dari syarat utama dalam penanganan sayuran dan buah-buahan adalah bahwa warna harus dipertahankan termasuk setelah suatu periode yang lama dalam penyimpanan, tanpa mengalami pencoklatan/pelayuan/pembusukan (browning). Terjadinya proses pencoklatan dapat ditentukan berdasarkan pemantulan produk sebagai fungsi panjang gelombang, karena pemantulan dari bahan yang mengalami pencoklatan menurun secara nyata pada dalam interval oranye (600-650 mμ).
Jadi sifat optik juga diperlukan  dalam penyimpanan bahan pertanian, selain untuk mempertahankan kualitas produk juga untuk mengawetkan produk. Sedangkan ke awetan produk pertanian dapat dilihat dari perubahan warna yang terjadi pada produk tersebut.
Kalau kita pahami secara mendalam, pemahaman tentang sifat optic dari produk pertasnain banyak serkali manfaat atau pengaplikasiannya dalam penanganan produk pertanian, terutama sekali dalam hal perncangan alat dan mesin pertanian itu sendiri.
Indonesia merupakan Negara agraris, oleh karena itu Indonesia merupakan Negara penghasil produk pertanian dalam jumlah yang besar. Alangkah malunya  Negara ini jikalau tidak mampu mengelola atau mengolah  produknya tersebut. Padahal produk pertanian merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh dunia pada umumnya.
Pada dasarnya pengolahan produk pertanian itu tidaklah sulit, asalkan kita dapat memahami sifat dari produk pertanian tersebut berikut dengan masalah yang dihadapi. Dengan itu semua kita dapat menciptakan alat atau mesin tertentu yang benilai guna dan tidak merusak lingkungan atau bahkan tidak merusak produk pertanian itu sendiri sebagai solusi cerdas dari masalah itu sendiri.


SIFAT OPTIK PRODUK PERTANIAN
SIFAT OPTIK PRODUK PERTANIAN

1 komentar:

  1. If you're looking to burn fat then you certainly have to jump on this totally brand new custom keto meal plan diet.

    To create this service, certified nutritionists, fitness couches, and professional cooks have joined together to produce keto meal plans that are efficient, decent, price-efficient, and fun.

    Since their grand opening in 2019, hundreds of individuals have already completely transformed their body and well-being with the benefits a certified keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus