Kamis, 09 Agustus 2012

Sistem Penyalaan Motor bakar


Sistem penyalaan (ignition system) mempunyai output yaitu dihasilkan suhu yang cukup tinggi untuk pembakaran.  Cara mencapai suhu yang cukup tinggi ini, pada motor diesel dengan cara mengkompresi udara pada silinder, suhu yang dihasilkannya sekitar 600 oC.   Pada motor bensin, suhu yang cukup tinggi dihasilkan dari loncatan banga api listrik pada busi. 
Prinsip kerja sistem penyalaan disajikan pada Gambar 1.  Ada dua kumparan, yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder, dan ada juga sumber arus (misalnya accu, baterai, dinamo, atau magneto).  Sumber arus dihidupkan, maka di sekeliling kumparan ada medan magnet. Pada saat arus diputus, maka timbul arus induksi. Pada saat pemutusan arus primer, maka terjadi loncatan listrik.  Pemutusan arus primer dilakukan oleh kondensor (yang sehari – hari disebut ”platina”).  Arus induksi terjadi hanya sesaat, yaitu pada saat garis gaya hilang.
Pada motor letup, agar terjadi loncatan listrik, memerlukan tegangan yang besar, sekitar 10.000 volt.  Karena loncatan listrik hanya dibutuhkan sesaat saja, maka digunakan induksi elektromagnetik, yang terjadi pada waktu torak pada kondisi akhir langkah kompresi.
Kondensor merupakan pemutus arus primer (breaker point), yang berguna agar tidak terjadi loncatan listrik pada tempat pemutusan arus primer tersebut.  Kondensor merupakan logam yang keras, yang tidak mudah terbakar.  Dengan dilakukannya pemutusan arus primer secara cepat, maka hilangnya garis gaya magnet juga cepat, sehingga arus induksi yang dihasilkan menjadi lebih cepat.  Arus induksi ini yang menyebabkan terjadi loncatan listrik pada elektroda busi.
Kondensor terbuat dari lempeng – lempeng timah yang diisolasi satu sama lain.  Ketika arus primer diputus : (a) pada arus primer, arus ditampung pada kondensor, sehingga kembali segar, (b) hilangnya garis gaya menjadi lebih cepat, (c) tidak terjadi loncatan listrik pada arus primer, dan (d) terjadi loncatan listrik pada elektroda busi yang lebih tinggi.
Penjelasan lebih lanjut tentang sistem penyalaan pada motor bensin disajikan pada Gambar 2.  Besi lunak (soft iron) pada rangkaian tersebut berfungsi, yaitu jika ada magnet, maka akan menjadi medan magnet.  Cara kerja kondensor adalah, menghubungkan kondensor dengan arus ditarik dengan per, sedangkan memutus kondensor dengan arus ditarik dengan knoke.  Mobil adalah contoh alat penyalaan baterai, sedangkan sepeda motor adalah alat penyalaan magnet.  Sumber arus baterai dan aki (accu) adalah arus searah atau direct current (DC), sedangkan pada sumber arus magneto, dihasilkan arus bolak balik (AC).
Pada motor bensin empat silinder, alat penyalanya disajikan pada Gambar 3.   Berdasarkan putaran poros engkol, diatur agar pada akhir langkah kompresi, terjadi lompatan listrik pada elektroda busi.  Gambar poros engkol untuk motor empat silinder disajikan pada Gambar 4.   Pada Gambar 3, urutan penyalaan (firing order) yang dipakai adalah 1 – 2 – 4 – 3.  Model firing order lainnya adalah 1 – 3 – 4 - 2.
Pada motor empat tak empat silinder, sudut antar engkol pada poros engkolnya diatur sebesar 720 o / 4 = 180 o.  Penyalaan pada busi diatur sedemikian rupa sehingga penyalaan tidak terjadi pada saat yang sama.





Sumber Rujukan 

Institut Pertanian Bogor. 1978.  Strategi Mekanisasi Pertanian.  Departemen Mekanisasi Pertanian FATEMETA, Bogor.

Soenjoto S. 1985.  Hand Out  Daya Dalam Bidang Pertanian II.  Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.




1 komentar:

  1. Do you understand there is a 12 word sentence you can say to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal for you buried inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, adore and look after you with all his heart...

    =====> 12 Words Will Fuel A Man's Love Response

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will make him try harder than before to do his best at looking after your relationship.

    As a matter of fact, triggering this influential instinct is absolutely binding to achieving the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll instantly notice him open his mind and heart to you in a way he's never experienced before and he'll recognize you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly understood him.

    BalasHapus